SUZUKI SATRIA F150 CLUB

PASANG IKLAN ANDA DISINI Rp.10.000/BLn @ Premium WordPress Themes HUBUNGI 08568942595 UNTUK INFO

Selasa, 19 April 2011

GIMANA BRO MENURUT KALIAN Upgrade CDI dulu atau Karbu dulu ?

 
SUMBER : Pahla Gumelar
Dear kakak2 fuers...
Pertamanya banyak yang nyaranin ganti CDI saja, karbu ndak perlu. Terus kesini
kesini juga banyak yang nyaranin ganti Karbu aja,,CDI gak usah.

Aku jadi bingung alias bimbang nih kak...kalo aku punya budget 500 ribu saja,tapi ingin meningkatkan performa FU standar ku:
1. Mana yang lebih baik diupgrade duluan ya kak, beli PE-28 atau CDI Unlimiter dulu
??
2. Alasannya kenapa ?

Sharing2 sharing ya kak biar rame...
Makacih sebelumnya..
^_^ v
JAWABAN :

  • Pertanyaan seperti ini beberapa kali saya dapatkan dari teman2 pengguna FU yang sedang merencanakan untuk upgrade harian performa FU nya. Karena seringnya ditanyakan, saya pikir akan lebih baik dan objektif apabila dilempar ke forum. Selain disini, saya jg melempar polling ini di forum ssfl : http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=10150091911250889&id=172380815888&notif_t=feed_comment
    Responnya ternyata memang beragam, ada yg vote untuk karbu dulu, ada jg yg vote untuk cdi dulu.

    Jujur saja, saya sendiri punya pendapat pribadi mengenai ini:
    1. Berdasarkan pengalaman pribadi maupun teman2 di ssfc, penggantian karbu PE28 thok mampu mendongkrak performa FU standar secara lebih signifikan dibandingkan hanya CDI unlimiter.
    2. Kenapa ...?
    wajar saja, terkait efisiensi volumetrik,bukankah salah satu sumber penentu laju motor adalah seberapa besar ledakan yang terjadi di ruang bakar toh?
    Venturi karbu lebih besar (28>26) => pasokan bahan bakar ke ruang bakar lebih banyak => potensi ledakan di ruang bakar lebih besar=>mendorong kruk as untuk berputar lebih kuat=> power dan torsi pun meningkat=>motor lebih cepat merespon pelintiran grip gas di rentang rpm yang sama.

    Bagaimana dengan cdi unlimiter?
    Seperti dibilang bro reza, limiter FU sudah di set cukup tinggi. (+- 11.500rpm). Bisa dibilang, FU dgn CDI karbu standar + cdi Unlimit, hanya punya rentang sekitar 3000rpm saja ( dari 11rb s.d 14rb) untuk menarik manfaat maksimal dari pembelian cdi unlimit tersebut. Sementara FU cdi standar + PE28 mampu memberikan manfaat keunggulan di rentang rpm lebih lebar (1000 - 11rb rpm).
    Patut pula dipertimbangkan:
    1. Daya Maksimum FU standar berada di 9500rpm. Torsi Maksimum di 8500rpm. So, memainkan FU di rpm >11rb bisa jadi malah kurang efektif untuk mengail power lebih besar.
    2. CDI unlimit baru terasa bermanfaat ketika transmisi sudah tdk bisa lagi dimainkan (udah abis gigi 6 tp trek masih panjanggg,cdi standar tak bisa dipanteng terus karena mulai kena limit, smentara cdi resing bisa terus panteng grip gas Tapi itupun biasanya angka kecepatan sdh berat untuk naik lagi.
    Hanya saja pada prakteknya, seberapa sering sih kita menemukan trek kosong nan panjang yang memungkinkan kita berlama-lama menggeber FU sampai 13rb rpm ?? bahkan di luar kota sekalipun.

    Makanya kemudian kalo ada yg bilang FU+karbu menang di putaran bawah atau trek pendek tapi kemudian kalah di putaran atas/trek panjang oleh FU+CDI,rasanya perlu diperjelas lagi :
    - putaran itu apakah 11rb - 13rb ?? menurut saya 8000 - 11rb jg sudah bisa disebut putaran atas.
    - Yg dimaksud trek panjang itu sebetulnya berapa ratus meter? Kalau mis. 800 meter sudah dikategorikan trek panjang; dulu sy sering iseng2 tes sama temen, FU+PE selalu sampai finish duluan.

    Jadi, kesimpulan pribadi saya; bicara upgrade performa, kalau cuma punya duit 500-600rb, lebih efektif beli PE28 dulu daripada CDI unlimit.
    Power dan torsi lebih terasa meningkat di rentang RPM yang lebih lebar, Kalau soal boros atau irit bensin, menurut saya yg paling menentukan adalah riding style nya , bukan karbunya. Testimoni teman2 di ssfc; konsumsi PE28 dalam pemakaian normal masih termasuk irit. berkisar 1:30 - 1:35 ltr/km.

    tambahan:
    -penggantian karbu juga tdk hanya kerasa di trek lurus, juga sangat membantu menjaga power dan akselerasi saat harus buka tutup gas di tikungan
    - Dua tahun lamanya saya pake FU cuma spek (karbuPE28 + CDI cheetah power + knalpot Standar pipa pitsbike). Ini jg salah spek fu standar paling laris dulu di ssfc :D. beberapa kali jg tes dengan fu knalpot resing, rasanya sama aja, selalu bejaban.
    So, buat saya urutannya adalah sbb:
    Pertama: Karbu PE28
    Kedua: CDI unlimited
    Terakhir baru knalpot (atau Pipanya saja cukup, silencer tetep standar)

    Efek peningkatan performanya akan terasa sesuai urutannya, penggantian karbu sangat terasa, ganti cdi lumayan terasa, ganti pipa mulai terasa biasa2 saja :D

    Pilihan pribadi saya: budget 600rb, lebih baik cari PE28 seken 300rb+ CDI baru 300rb :D..... Lengkap Mantabnya.
    Untuk menekan budget; mulailah berburu karbu dan pipa yang seken tp masih bagus, kecuali untuk cdi; diusahakan beli baru, atau setidaknya msh masa garansi,mengingat cdi seken sulit diketahui kondisi kelayakannya.

    Semoga membantu,

    Salam FU,
    SSFC#155


0 komentar:

Posting Komentar