SUZUKI SATRIA F150 CLUB

PASANG IKLAN ANDA DISINI Rp.10.000/BLn @ Premium WordPress Themes HUBUNGI 08568942595 UNTUK INFO

Selasa, 19 April 2011

Ayo Bro Pilih Kem Racing jadi atau Bubutan?

SUMBER : PAHLA : Sebuah pertanyaan dari FU rider di milis SSFC
--------------------------
From: "oby_zulu@yahoo. com" <oby_zulu@yahoo. com>

To: ssfc@yahoogroups. com

Sent: Thu, March 18, 2010 8:28:36 PM

Subject: [ssfc] Cam Racing 
Mohon pencerahannya dari para senior Sesuai judul Cam Racing buat FU std bs pakai ukuran brp derajat 280 at 330 apa bs buat tenaga Fu makin mateb.Klo emang bs per klep apa mesti ganti jg atau ada part lain yg kudu diganti?Terakhir apa ada efek sampingnya terhadap mesin spti klep nubruk piston at yg lain.Sekali lg mohon pencerahannya dr senior maklum masih nubi bnget. Tx

  • Beberapa respon dari miliser yg lain:
    -------------------
    Dari: idjul idjul

    Judul: Re: [ssfc] Cam Racing

    Kepada: ssfc@yahoogroups. com

    Tanggal: Kamis, 18 Maret, 2010, 8:43 PM



    sama om.. saya juga nubi ..

    tapi coba jawab ah..

    Sebelum ganti harus dipahami dulu fungsi noken as racing(Racing Cam Shaft). fungsi Cam disini mengatur kapan (Timing) jumlah gas masuk, dipampatkan, diledakan, dan dibuang dalam proses pembakaran..

    Pada noken as racing , bukaan klep in lebih banyak suplai dan

    lebih lama durasi membuka nya untuk memberi kesempatan campuran udara

    dan kabut bahan bakar masuk ke ruang pembakaran lebih banyak dari

    standartnya.

    Klo untuk ukuran derajat yg pas buat Fu kayanya ga ada yg tau persis 280 ato 330..setiap bengkel pasti berbeda ukuran..jadi carilah ukuran yg sesuai dengan karakter mesin (caranya pinjem/beli trus pasang,setting, rasakan.. .klo ga enak..cari ukuran lain trus pasang,setting, rasakan...hehehehe)

    Per klep:

    Boleh ganti boleh tidak tergantung selera dan budget.. (hati2 per klep racing banyak yg jelek secara kualitas..)

    Efek samping Cam racing:

    Dalam keadaan tertentu yang disebabkan tidak presisinya Cam ini, dapat

    menyebabkan klep tertabrak piston hingga patah atau bahkan klep masuk

    dan keluar sama2 masih dalam keadaan terbuka.

    Hati-hati dalam memilih kem racing karena jika kita salah

    mengaplikasikanya akan sangat berdampak ngedrop dan terasa banget pada

    mesin motor kita,jangankan menambah topspeed untuk akselerasi

    pun terasa lamban dan anehnya lagi BBM yang di konsumsi mesin akan

    menjadi boros..

    Mungkin Noken as Racing, bisa menambah tenaga 25%, menambah top speed 35%.

    idjul_idjul

    vario nation...
    sekitar 7 bulan yang lalu ·
  • Dari: Nio
    Judul: Re: [ssfc] Cam Racing
    Kepada: ssfc@yahoogroups. com
    Tanggal: Kamis, 18 Maret, 2010, 10:52 PM



    Hehe sbnernya enak atau enggaknya tergantung yg mapas tau bner ttg cam apa enggak.

    Sekedar share ya, ini gw dpt cerita dri bos bengkel gw yg dlu pembalap. Sbnernya cam2 kyk hrp, ahrs, daytona itu yg buat tuner2 jogja. Mereka dikasih cam mentah, trus disuruh eksperimen dengan bayaran tinggi jg tentunya, nah setelah jd cam racing dg berbagai durasi dikirim dech ke pabrik hrp, ahrs, daytona. Nah setelah itu cam td dicopy pakek mesin trus baru diproduksi masal n harga jauh lbh mahal drpd bikin di tuner2 lgsgnya tsb krn udh ada label produknya. :)

    Jadi semua itu tergantung tuner yg mapas. Klo tunernya jago n biasa maen cam, psti papasan n bubutannya manteb. Motor2 kenceng dijogja rata2 g pkek part2 merk terkenal, mereka lbh prcya hsl eksperimen sndiri drpd beli yg serba instan baik cam, knalpot dsb. Tp hasilnya bs dilihat, motor2 kreasi jogja terkenal kenceng2 bgt dg biaya pembuatan yg g terlalu bnyak. :D

    Nio Kurnia - SSFC 343

    SSFC Pengda Semarang

    Sent from my BlackBerry®

    powered by Sinyal Kuat INDOSAT
    sekitar 7 bulan yang lalu · Laporkan

  • From: pahla gumelar <pahlagumelar@ yahoo.com>

    Date: Fri, 19 Mar 2010 12:24:32

    To: <ssfc@yahoogroups. com>

    Subject: Re: [ssfc] Cam Racing

    Saya juga jujur awam, dan gak mudeng soal itung2an kem (lift, durasi, LSA, dsb), tapi coba jawab yang praktis2 nya aja ya:

    1. Sesuai judul Cam Racing buat FU std bs pakai ukuran brp derajat 280 at 330?

    Kem resing dipasaran memang biasanya ada label 280 atau 330, tp denger2 kata suhu2 katanyah itu cuma buat kepentingan promosi aja, kalo diukur bener gak bakalan nyampe durasi setinggi itu. Jadi kalo buat FU std, mending pilih yg 'berlabel'280 aja dibanding 330. Kalo FU bro udah spek bebasan boleh lah cicipin yg katanyah '330 derajat itu :)

    2. apa bs buat tenaga Fu makin mateb ? Insya allah Bisa..! :))

    3. Klo emang bs per klep apa mesti ganti jg atau ada part lain yg kudu diganti?

    Kalo denger2 dari pengalaman teman2, lebih baik gunakan perklep standar saja, kalau mau bisa per standar diganjel pake ring. Per resing biasanya gak awet dan sering bermasalah fatal. Part lain yg diganti/disesuaikan biasanya Shim.

    4. Terakhir apa ada efek sampingnya terhadap mesin spti klep nubruk piston at yg lain?

    Tubrukan klep-piston biasanya terjadi karena per klep yang gak mampu lagi mengikuti mekanisme noken as resing, alias menjadi tdk presisi, seperti yg dibiliang om idjul.

    Saya belum pernah kebeli kem resing, sekarang cuma pake kem standar di modif ulang, tp alhamdulilah blon pernah jebol karena pake per standar aja, diganjel jg enggak.

    Untuk memilih diantara keduanya silahkan pertimbangkan beberapa hal berikut :

    - Faktor resiko :
    Pilihan kem aftermarket banyak tersedia sesuai budget (wrd, cld, dbs, kitty racing, nmf dll), dan rasanya semua mampu mendongkrak tenaga, hanya seberapa besar kenaikannya itu yg bervariasi. Sedangkan kem papasan, kita harus survey secara teliti mekanik/bengkel yg benar2 teruji soal papas memapas kem FU, dan terus terang di jkt ini cukup sulitt. Kalaupun ada yg terkenal seperti misalnya Ahon, harganya biasanya tdk lebih murah dari kem aftermarket, denger2 bisa 800rb ongkosnya doang, belum termasuk bahan kem dari kita. Ceritanya jelas lain kalau di jogya yang memang gudangnya mekanik handal.

    - Faktor harga/kemudahan Jual kembali:
    Harus diakui, di komunitas klub motor, typikal nya adalah brand oriented dan cenderung ikut2an, dari mulai cdi, knalpot, kem, sampai bengkel rujukan, tergantung racun/trend setternya :))
    Jadi ketika beli kem aftermarket dan kemudian kurang puas, kalau mau dijual lagi relatif lebih mudah, karena ada merknya. Beda kalau mau jual kem papasan,,,belum tentu teman2 pada mau beli kem papasan seken; takut inilah, takut itulah,,dll. Brand recognition nya gak ada :))

    Toh, sebagai konsumen, pada akhirnya pilihan akan kembali ke kita. Sah-sah aja kita mau pakai kem papasan atau aftermarket. Asal selalu pertimbangkan value for money-nya. Worthed gak barang itu dibanding biaya yang harus kita keluarkan untuk mendapatkannya. Saya sendiri sampai hari ini masih pake kem bubutan kok, pengen ganti DBS tp belum kesampaian, dan juga sudah merasa cukup puas dengan yg dipake sekarang, soal suara mesin yg berisik buat saya pribadi bukan hal besar.

    So, selamat memilih....

    Salam FU,
    ssfc#155
 


0 komentar:

Posting Komentar